Friday, January 22, 2016

The 2nd International Veterinary Student Association (IVSA) Asia Conference 2009 di Korea Selatan

International Veterinary Student Association


PENDAHULUAN
            Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang pertanian, termasuk kesehatan hewan dan kedokteran hewan. Namun, saat ini Indonesia menghadapi berbagai masalah kesehatan manusia dan hewan, misalnya masalah yang terkait dengan kecukupan daging, keamanan pangan asal hewani dan penyakit zoonotik (penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya).
            Dalam beberapa tahun terakhir, penyakit zoonotik menyebabkan masalah yang serius terhadap kesehatan masyarakat sehingga harus diperhatikan secara lebih serius. Beberapa penyakit zoonotik yang emerging yaitu Flu Burung, Virus H1N1, Ebola, dan penyakit Sapi Gila.
            Berbagai solusi dibutuhkan untuk melindungi kesehatan hewan dan manusia. Tentu saja, mahasiswa kedokteran hewan di Indonesia sebagai pemimpin masa depan dan generasi muda penerus bangsa memiliki peran yang strategis untuk merumuskan solusi terhadap berbagai permasalahan kesehatan hewan dan veteriner. Asosiasi Mahasiswa Kedokteran Hewan Internasional (International Veterinary Students Association--IVSA) merupakan organisasi mahasiswa kedokteran hewan di tingkat internasional yang bertujuan untuk mensejahterakan manusia melalui kesehatan hewan. IVSA hadir untuk mensejahteran hewan dan manusia melalui aplikasi tenaga, pemikiran dan pengetahuan oleh mahasiswa veteriner secara professional. Selain itu, IVSA merupakan wadah untuk menjalin network antar mahasiswa kedokteran hewan di seluruh dunia.
        Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI) sebagai bagian dari masyarakat dunia memiliki peran yang penting dalam mencari solusi terkait masalah kesehatan hewan dan dunia veteriner. Salah satu cara untuk mencari solusi yaitu melalui diskusi dan pertukaran informasi dengan mahasiswa kedokteran hewan lainnya dalam Konferensi Mahasiswa Kedokteran Hewan Tingkat Asia tahun 2009 (International Veterinary Students Association IVSA Asia Conference 2009).  

WAKTU DAN TEMPAT

The 2nd International Veterinary Student Association Asia Conference diselenggarakan di Korea Selatan (Seoul National University dan Gyeong-sang National University) pada tanggal 9-16 Agustus 2009.

PESERTA


Peserta dibagi menjadi dua, yakni peserta The 2nd International Veterinary Student Association (IVSA) Asia Conference dan peserta Korean Veterinary Student Festival.
v  Peserta The 2nd IVSA Asia Conference terdiri atas mahasiswa-mahasiswa kedokteran hewan di Asia.  Dari Indonesia terdapat dua orang delegasi, yakni
                        Dordia Anindita Rotinsulu       (Institut Pertanian Bogor)
                        Imron Rosyadi                        (Universitas Gadjah Mada)
v  Peserta Korean Veterinary Student Festival terdiri atas peserta The 2nd IVSA conference ditambah ± 200 orang mahasiswa FKH dari 10 perguruan tinggi di Korea.

Kegiatan kebudayaan: peserta dari berbagai negara dengan pakaian tradisional Korea Selatan

Delegasi Indonesia bersama Prof. drh. Inhyung Lee
 

KEGIATAN
Kegiatan yang diikuti selama The 2nd International Veterinary Student Association Asia Conference terpusat di Seoul dan Jinju. Beberapa kegiatan yang diikuti yaitu:

  • General Assembly, 
  • Seminar tentang Clinical Use of Dorsolumbar Epidural Anasthesia 
  • Studi Tour di Fakultas Kedokteran Hewan dan Rumah Sakit Hewan, Seoul National University
  • Korean Veterinary Student Festival 2009
Nah, untuk pembahasan setiap kegiatan, tunggu artikel selanjutnya ya :-). Selain itu ada juga cerita kegiatan lainnya saat saya ke Korea Selatan disini.
 

No comments:

Post a Comment